Senin, 05 Maret 2018

Turkey Day One

Sempat hapus blog sebelumnya, akhirnya memutuskan untuk buat blog baru lagi dengan konten di dalamnya berbagai hal yang akan saya sharing. Semoga bisa bermanfaat. πŸ˜€πŸ’œ

Oke, untuk postingan pertama, saya akan menceritakan pengalaman yang Alhamdulillah super seru.
Allah SWT baik banget, ngasih kesempatan saya untuk kedua kalinya melaksanakan ibadah umrah. 
Teruntuk ibadah umrah yang kedua kali ini lebih amat berkesan, yaitu saya umah dikasih kesempatan untuk pergi ke negara perbatasan Asia-Eropa (Eurasia), yaitu ke Turki / Turkey / TΓΌrkiye.

Perjalanan umrah dilaksanakan dari tanggal 14 - 26 Februari 2018, saya ikut travel namanya PT. Musfiratur, monggo yang ingin cari-cari info terkait umrah, travel ini Insya Allah amanah dan berangkat tepat waktu, ditambah Pak Ustadznya super baik, sabar, penyampaian dari beliau itu juga mudah dipahami.

Alhamdulillah juga untuk perjalanan umrah ini saya berangkat bareng orang tua, kedua adik saya, ditambah nenek. seneng banget rasanya bisa berangkat berenam. Semoga nanti kalau ada kesempatan untuk umrah lagi dan haji bisa bareng suami. Aamiin.


Hari Pertama (Rabu, 14 Februari 2018)

Kumpul di terminal 2 Soekarno Hatta jam 17.00 WIB, jadwal flightnya jam 21.30 pakai pesawat Turkish Airlines. Di airport diantar sama orang rumah, ada mamang sama bibi juga.
Di airport sama sepupu bayi favorit
Sekitar pukul 17.30an kami yang rombongan ke Turki dibagiin paspor dan visa Turki dan Arab juga plus e-ticketnya. Habis itu check-in, perjuangan udah mulai dimulai dari check-in, yaitu kita udah harus ngapalin koper per keluarga. Selesai check-in, kami nunggu di lounge sampai sekitar pukul 20.00, di sana solat maghrib dan isya juga, terus sempet dikasih briefing sama Pak Ustadnya.
Pukul 20.00 kami sudah persiapan untuk boarding, mulai angkat-angkat tas yang buat dibawa ke kabin, trus lewatin pemeriksaan sama imigrasi, lumayan juga proses antri di imigrasinya, soalnya bareng penumpang yang lain juga. Di ruang tunggu cuman duduk sebentar, habis itu langsung disuruh naik pesawat. Perjalanan dari Jakarta ke Istanbul nonstop gapake transit +/- 12 jam. Pesawat terbang jam 21.30 waktu Indonesia dan tiba di Istanbul pukul 06.00 waktu Turki.
Ini kurang lebih penampakan di kabin pesawat Turkish Airlines seat 3-3-3, nyaman banget, minim goncangan, makanannya enak-enak, servicenya oke punya..

*dan perjalanan dimulai*



Kami akhirnya mendarat juga di Turki setelah kurang lebih di atas awan 12 jam, mendarat di Bandara Ataturk, Istanbul pukul 06.00 waktu sana, tanggal 15 Februari 2018. Suhu di papan pengumuman 7° C, awalnya pas turun dari pesawat dan sudah di Bandara rasanya gak dingin-dingin amat, tapi lihat orang-orang pakaiannya udah jaketan semua gitu, udah gak sabar pengen nikmatin udara di sini, serius penasaran banget. Sambil nunggu bis datang, saya ganti baju dulu dari baju tipis ke mantel yang hangat sekalian sempetin sikat gigi juga.

Jadi kurang lebih seperti ini barang bawaan yang sudah diambil, dan sudah ganti baju jadi baju ala-ala musim dingin, wkwk (Ini saya yang fotoin di Bandara)

Setelah menunggu sekitar 1 jam, bis kami pun datang, keluar lah kami dari bandara menuju bis, pas udah lewatin pintu bandara, rasanya kayak masuk kulkas! brrrr dingin bangeet, hidung udah mulai mati rasa, tapi seger banget loh, maklum baru pertama kali juga ngerasain suasana musim dingin di negara orang. hehehe. Dan tahu gak sih, pas kami udah di bis, matahari belum terlihat, ternyata baru subuh di sana. Coba kalo di Indonesia, jam 06.30 orang-orang udah pada sibuk berangkat kerja dan sekolah, di sini orang-orang baru pada bangun kali ya, enak banget rasanya.

Oke, setelah di bis, dilanjutkan perjalanan menuju breakfast, saya lupa makan di hotel apa namanya, yang jelas hotelnya gak jauh dari airport, dan hotelnya super nyaman dan mewah, makanannya enak-enak. Pas lagi sarapan dikasih tahu juga sama Pak Ustad untuk jangan lupa nyobain keju Istanbul, dan setelah dicoba ternyata kejunya enak, gak kayak keju kebanyakan, gak terlalu asin tapi gak tawar juga. Pokoknya makanan di sana yang udah kelihatan khas banyak itu macam buah zaitun, kayaknya udah wajib ada deh di setiap rumah makan. Jadi dari hari pertama di Turki, saya setiap breakfast ada makanan wajib yang harus dimakan terus, yaitu yoghurt, habis enak banget yoghurtnya juga (cerita makan yoghurt ini akan bersambung di akhir yah)..

Setelah selesai breakfast, kami melanjutkan perjalanan langsung menuju masjid biru (Sultan Ahmet Mosque, Hagia Sophia Mosque). Loh kok gak check-in hotel dulu? itu sih yang sempet ditanyakan ke tour guide nya, ternyata kita check-in nya nanti setelah beres tour biar langsung istirahat malam. Okee, awalnya berat hati kok gak ke hotel dulu dan naro barang dulu? soalnya belum sempet mandi, cuci muka, dll. Tapi dengan udara dingin begini gak mungkin keringetan dan bau juga ya. hahaha, jadi aku bersihin muka dan lain sebagainya di bis aja, aku bersihin muka pakai Sephora Cleansing & Exfoliating Wipes - Green Tea, ini produk enak banget yang green tea, jadi setelah bersihin muka pakai ini, kotoran langsung keangkat semua gitu, kulit ngerasa lebih enteng dan ringan banget, plus nenangin muka. Aku pilih yang green tea soalnya dia ada tulisannya mattifying anti blemish, which is my skin type itu oily dan mudah jerawat, sensitif juga, aku kalau mau beli produk terutama skin care bener-bener harus pilah-pilih dan pikir panjang gitu, soalnya karena tipe kulit ku yang sensitif, kalo gak cocok langsung merah dan akhirnya suka tumbuh jerawat, itu yang bener-bener gak enakin. Akhirnya setelah pikir panjang, kupilih cleansing wipes ini dan yang green tea, ternyata emang bener-bener bersih dan gak berefek negatif ke kulit. Saran ya, kalo kalian lagi full make up, bersihin pake ini bisa sih, cuman karena full make up alangkah lebih baiknya lanjut cuci muka lagi, biar lebih bersih. Ini karena perjalanan pesawat 12 jam gak mungkin dong aku make up an tebel gitu di pesawat, jadi sebelum naik pesawat saya untungnya udah cuci muka di Indonesia, jadi muka gak berat-berat amat lah. 
ini cleansing wipes Sephora
yang kumaksud

Setelah nunggu muka agak kering, baru pakai pelembab, sunscreen, primer, lalu karena kondisi yang gak memungkinkan di bis dandan begitu, aku langsung pakai bedak aja. Bedak yang kupakai yaitu compact powder dari Mac, aku kasih saran juga, kalo kalian pergi-pergi gitu dan dalam keadaan yang kurang memungkinkan untuk dandan nyantai, pakai aja compact powder alias bedak padat yang udah plus foundiation, aku pakai Mac studio fix shade NC 25 aja, langsung set pakai loose powder dari Venus shade (03) Ivory, trus gak sempet pakai pensil alis, karena terlalu ribet dengan ngalis di bis. ahaha, lanjut pakai lip balm dulu karena bibir langsung kering, dan pakai lipstick yang gak terlalu menor, warnanya natural aja. setelah itu... tadaaa beres. proses ini berlangsung kurang lebih selama 10 menit aja, bentar kan?! dan wajah juga gak kelihatan begitu kusam, pokoknya rapi deh dan gak berlebihan. Ternyata saya bawa pensil alis buat perjalanan Turki dan Umrah ini bener-bener gak dipake.


Bedak, Lip Balm, dan Lipstick yang jadi senjata selama di Turki dan umrah pokoknya. wkwk, Lip balmnya pakai Sephora Tangerine Lip Balm, Lipstick nya pakai Mac Matte shade kinda sexy.











Oke lanjut, setelah ngomongin makeup sekaligus review beberapa produk. hahaha
sampai lah kami dan jalan deh menuju masjid biru, nah jalanannya itu udah nanjak-nanjak gitu dengan cuaca yang dingin, seger banget deh pokoknya, bersih banget, berasa di mana gitu (di Turki zahhh). Punya jaket tebel kepake juga akhirnya di sini..
hari pertama di Turki, ini outfit yang terus dipake seharian
Jalanan nanjak yg kuceritain


nah, ini Hagia Sophia dari jauh. 
Bersih, rapi, bagus, dingin, viewnya mantap!



with Mamah, jadi kurang lebih begini look aku
dengan senjata pamungkas yang udah disebutin di atas tadi.
 Simple, right? πŸ™‚


Super Daddy! wohoo

Kenapa foto-foto dulu? karena kami dateng kepagian, sedangkan baru bisa masuk ke dalam masjidnya jam 11 siang. πŸ˜† Saya bakalan share foto ya, seriusan deh keren banget, orangnya cakep-cakep di sini, gak cewek, gak cowoknya, cantik-ganteng pisan! gimana gak cantik-ganteng? orang sini beneran mix antara timur-tengah dan Eropa, kebayang tuh betapa nikmatnya cuci mata di sini? hahaha astaghfirullah~ Udah ah, lanjut cerita lagi.. selama nunggu ya kami foto-foto, terus bolak balik beli semacam bagel khas sini yang ada nutella nya, namanya Simit kalo di Turki (wajib beli ini ya kalo kesini, murah meriah!), terus karena cuaca yang dingin ini, cewek punya kebiasan buruk, yaitu beseran, termasuk saya. Pada akhirnya mama, nenek, dan adek bungsu nyari kamar mandi dong, terus ada toilet tuh, datanglah kami ke sana, ternyata toiletnya berbayar, saya ketuk-ketuk tuh petugas yang ada di toilet, katanya "one person, one lira" oke, karena kami berempat saya beri uang lembaran 10 lira, terus petugasnya ngomel-ngomel "no maam, coin please" oke mau pipis ribet karena baru tahu harus bayar pake koin, dan bener-bener cuman bisa 1 coin Lira aja, bisa bayar kalo punya kartu metro, tapi ya buat apa di Turki juga gak lama-lama kan?! haha.

Akhirnya saya nukerin itu 10 Lira jadi koin ke pedagang di sana yang jualan jagung, untung abang-abangnya baik dan paham kalo kami turis, dikasih deh koin. 1 koin Lira atau bilangnya 1 Queen. Plong deh bisa pipis juga, kamar mandi umumnya bersih banget, wangi, dan tisu selalu siap sedia, worth it deh bayar toilet umum di sini mah, gak kayak di kita toilet umumnya yang berbayar tapi kadang jorok gitu. Mau deh kalo kamar mandi umum di Indonesia begini juga, gapapa bayar 1000 rupiah koin juga. Tips, kalo kalian ke Turki harus sedia koin Lira terus ya nominal 1 Lira, karena toilet umumnya rata-rata berbayar, dan gausah nuker-nuker lagi kayak kejadian saya barusan. 😁

Setelah berbelit urusan pertoilet-an, akhirnya kami kumpul lagi dan masuk ke masjid biru alias Sultan Ahmet Mosque / Sultan Ahmet Cami. Jadi Blue Mosque ini letaknya berdekatan dengan Hagia Sophia, cuman yang emang bener-bener masih difungsikan menjadi masjid itu ya hanya Blue Mosque aja, tapi jangan salah, meskipun sekarang Hagia Sophia sudah berfungsi jadi museum, ada satu ruangan kecil di sana yang masih dijadikan tempat shalat (dan saya sempat melaksanakan shalat ashar di sana lho). Jadi bagi para pengunjung yang ingin kesini, meskipun non-muslim pun tetap harus menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup, karena akan masuk ke tempat ibadah umat Islam. Kalo pakaiannya terbuka, nanti akan disewakan selendang buat wanita biar menutupi auratnya (it's free!).
Air mancurnya belum nyala, di belakang saya itu Hagia Sophia
Saya di sana Alhamdulillah melaksanakan shalat tahiyatul masjid dua rakaat, dan sebelum shalat pastinya harus wudhu dulu kan?! kebayang dong gimana rasanya dingin airnya dengan suhu 7°C? Subhanallah dinginnya udah gabisa digambarin, jadi selama wudhu tuh sambil ngusap tangan pelan-pelan banget, pas bersihin muka pakai air wudhu.. beuh seger sambil meringis jadi satu, salah satu nikmat yang gak akan bisa semua orang rasakan bukan?! ahahahhaa. Setelah beres wudhu dengan waktu yang cukup lama, karena kita berjuang melawan air yang dingin banget. Alhamdulillah nikmatnya bisa shalat di masjid yang megah, pokoknya bikin kagum banget sama interior dalamnya, masjid nya bagus banget, seneng banget bisa datangin dan solat langsung di Masjid yang selama ini suka lihatnya dari Google, atau Instagram aja. 😊 Oiya, kata tour guide nya waktu menjelaskan, jadi ciri khas interior bangunan di Turki, termasuk di dalam Blue Mosque ini adalah bunga tulip, perhatikan aja ya foto-foto di bawah ini pasti ada unsur bunga tulipnya, termasuk di karpet juga lho.. Bukan Belanda aja ternyata yang terkenal dengan ciri khas bunga tulip, tapi Turki juga.
Salah satu bagian di dalam Blue Mosque


Saya setelah beres shalat "eee ada yang liat-liat" πŸ˜‚


ini salah satu tempat solat bagian laki-lakinya. Keren kan.

Dari Blue Mosque, kami melanjutkan ke Hagia Sophia. Sebelum ke Hagia Sophia, kami rehat lunch dulu. Beres lunch baru kami masuk ke Hagia Sophia. Jadi sejarah singkatnya Hagia Sophia itu dari masa pembangunannya di tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini merupakan katedral Ortodoks, kecuali pada tahun 1204 sampai 1261, ketika tempat ini diubah oleh Pasukan Salib Keempat menjadi Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinopel. Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani. Kemudian bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum pada 1 Februari 1935 oleh Republik Turki. Ada satu ruangan kecil di Hagia Sophia ini yang udah saya sampaikan di atas kalo masih dipergunakan sebagai mushola, tempatnya emang kecil, tapi masih layak banget buat jadi tempat shalat. Jadi, di Hagia Sophia ini sekarang udah jadi museum, jangan kaget kalau di dalam Hagia Sophia ini bakalan lihat ada unsur dua agama (Kristen dan Islam) di dalamnya yang berdampingan banget, karena dulunya kan bangunan ini adalah gereja yang berubah jadi masjid, kemudian menjadi museum. Sayang pas kemarin saya kesana lagi ada renovasi gitu, tapi masih mengagumkan bangunannya. Masih penasaran gimana kok bisa berubah dari gereja ke masjid? untuk sejarah lengkapnya bisa klik link ini (Hagia Sophia). πŸ˜Š


sebelum masuk, foto dulu sama tiketnya. haha πŸ˜€


Ini view di dalam bangunan Hagia Sophia


Beautiful Calligraphy


Nah.. ini yang kuceritakan..


salah satu mimbar yang dulu digunakan di sini


Salah satu sudut di Hagia Sophia


Beres dari Hagia Sophia, dilanjutkan jalan kaki lumayan gak jauh amat tapi gak dekat juga, karena letaknya satu komplek dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia, kami menuju Istana Topkapi (Topkapi Palace / Topkapi Sarayi). Bukan nama merk Kopi di Indonesia itu loh ya, wkwk.
Dari pas mau masuk ke dalam istana nya aja "wah... megah banget" pas udah masuk ke dalamnya, Masya Allah, indah banget, kalo yang suka foto-foto mah gak bakalan habis-habisnya deh foto-foto di sana. Luas banget banget banget, namanya kan juga istana. Oke, jadi di dalam Istana Topkapi ini kita bisa melihat secara langsung tongkat Nabi Musa As, dan beberapa barang peninggalan Baginda Rasulullah SAW. Bagi umat muslim, ini adalah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Banyak pelajaran yang bisa di ambil, salah satunya adalah dapat mengingatkan kembali bahwa Islam pernah sangat berjaya. Saat masuk untuk melihat langsung banyak peninggalan dari Rasulullah, gak boleh ada yang motret, jadi gak ada fotonya ya.. Keren banget pokoknya Istana Topkapi ini, pas lagi jalan di sana tiba-tiba aja ada pasukan kuda lewat gitu (sempet kefoto kok), kudanya besar dan gagah banget, terawat sekali pokoknya.
Gerbang pintu masuk Topkapi Sarayi, penjaganya gagah pisan euy.


Nah, ini biar lebih jelasnya. udah terasa megahnya kan?!


Luas banget kan?! ini baru halamannya aja looh


Nah, ini kuda yang kubilang sama penunggangnya.
Gagah bener.
Maaf ya fotonya cuman segitu. Pas udah nulis begini baru sadar kalau nyesel banget gak banyak foto-foto di sana. Pokoknya kalo ke sini lagi, janji bakalan ngambil foto yang lebih banyak dan bagus lagi!!

Selesai dari Topkapi Sarayi, saya shalat ashar dulu di salah satu mushola yang masih berfungsi di salah satu bagian Hagia Sophia (yang sudah kuceritakan). Pas ambil air wudhu, duh nampol bener dinginnya. setelah beres shalat, lanjut jalan pulang, sebelum pulang kami makan malam lagi. Pokoknya setiap mampir ke tempat selalu buang air, karena dinginnya cuaca dan besernya orang negara tropis. πŸ˜‚
Selama perjalanan menuju restoran, saya nemu kedai es krim Turki yang cara ngasihnya lucu banget itu loh, pas kita mau ambil sama si abangnya di kerjain gitu. Karena miki "duh, mumpung di Turki, kapan lagi makan es krim langsung di Tukrinya?" akhirnya yah... beli es krim juga dengan cuaca begini. hahaha
Nih, dingin begini masih ada kedai es krim yang buka ya. wkwk
terus ada aja yang beli, ya saya ini. (sekalian iklan travel ya?) wkwk

Oke, review es krimnya (gak sempet kefoto, hiks). Es krimnya enak, lembut banget dan agak lengket gitu (pantes gampang ngerjain orangnya). Isinya banyak, harganya sekitar 5 Lira (kaliin aja tuh ke rupiah). 
Es krim sudah habis, lanjut jalan lagi menuju restoran buat makan malam, habis makan malam lanjut jalan lagi nunggu bis datang, habis itu perjalanan selanjutnya adalah menuju hotel untuk istirahat dan persiapan lagi buat keliling Istanbul besoknya. Kami menginap di MΓΆvenpick Hotel Istanbul, hotelnya nyaman, mewah, sekamar cuman berdua aja. Saya sekamar sama nenek saya, adek saya berdua, mamah sama papah. Nikmatnya bisa istirahat, dan hangat banget pas nyampe hotel.


Potret jalanan di sini, ini rel metro train.
Kapan ya Indonesia bisa sebersih ini jalanan di kotanya?


Jalan nanjak lagi menuju tempat makan


kayak di mana gitu ya.. di Turki zahhh. πŸ˜‚


Hari pertama di Turki gimana?
Setelah menjabarkan cerita panjang hari pertama saya, pasti dipikir capek banget. tapi sebenernya gak berasa loh, capeknya kalah sama rasa bersyukur dan nikmatin indahnya pemandangan, perjalanan di sini. Ditambah lagi denger cerita-cerita di sini.
Selesai sudah hari pertama di Istanbul, Turki.


Oke, bersambung untuk hari ke dua..



Sekian cerita perjalanan saya untuk hari pertama..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar