Rabu, 07 Maret 2018

Turkey Day Two



Jumat, 16 Februari 2018

Jadwal perjalanan hari ini adalah ke Emelda Leather Istanbul, Çamlıca Hill (Çamlıca Tepesi), Beylerbeyi Palace (Beylerbeyi Sarayı), Galatar Bridge, SelatBosphorus, dan Grand Bazaar. Pokoknya semuanya ini ada di Istanbul ya..

Hari ini diawali breakfast dulu sekitar pukul 07.00 pagi dan ingat setiap breakfast saya selalu makan yoghurt karena apa? Karena enak banget yoghurt di sini itu sama keju juga, selain enak dalih yang lain adalah biar pencernaan lancar juga selama trip begini. Selesai breakfast sekitar pukul 08.30 kami naik bis menuju Emelda Leather Istanbul, suhu hari itu sekitar 6°C.



Saya sendiri juga bertanya-tanya ngapain dateng ke toko jaket kulit gini? Kirain teh kayak mau keliling trip liat pemandangan apa lagi gitu, tapi mungkin yang namanya turis kalo lagi ke Turki kayaknya sama tour guide nya kebanyakan diajak ke tempat jaket kulit gini, soalnya suka lihat story orang-orang yang udah pernah umrah ke Turki gitu ada mampir ke toko kulit gitu juga, jadi bikin hedon deh.. dan pas nyampe di Emelda itu, hospitality nya keren deh. Kami datang, langsung disuguhin welcome drink teh hangat gitu, terus kami diajak ke sebuah studio lumayan besar terus disuruh duduk, habis itu ada yang ngomong gitu ngejelasin betapa bagusnya dan berkualitasnya baju-baju dan semua jaket yang dijual di sana sampai, habis jelasin gimana produk-produknya dikiarin udah selesai, ternyata belum. Lampu studio tiba-tiba digelapkan, terus langsung musik menyala dan ternyata ada semacam mini fashion show gitu, modelnya juga cewek sama cowok sambil peragain macam-macam baju dan jaket Emelda. Habis selesai fashion shownya ya intinya kami disuruh belanja deh kesana. Hahaha. Tapi seriusan emang bagus banget model-modelnya, mereka bahkan nyediain space khusus model baju untuk negara tropis, dan emang bener-bener bagus banget jaketnya, model-modelnya yang bikin mata gak bisa berhenti lirik terus. Harganya dimulai dari 500 Lira bahkan sampai ada yang 1800 Lira dan lebih lagi. Harganya wah tapi kalo menurutku dengan harga segitu gak bakalan nyesel deh beli di sana. Sebenernya Cibaduyut juga gak kalah bagus kok, cuman yang kurangnya itu kreativitas untuk pembuatan model yang keren-keren gitu harus ditingkatkan buat orang Indonesia. (untuk di Emelda ini saya bener-bener gak ada foto gimana di dalam tokonya, tapi ada videonya dan itu ada di story Instagram saya pas fashion show nya itu). Selagi nunggu kelompok kami yang masih lihat-lihat baju di sana, saya malahan foto-foto pemandangan jalan di depan tokonya, kebetulan letak toko Emelda ini ada di pinggir jalan, jadi sambil ngambil kesempatan gitu buat foto di jalanan Turki yang lumayan gak ramai juga dengan keadaan cuaca begini.
Potret jalanan di depan Emelda


Outfit yang dipakai di hari ke dua di sini. Gak salah ya beli Zara buat jaketnya yang hangat~
Selesai dari Emelda kami melanjutkan perjalanan menuju bukit Camlica, karena lokasinya di bukit, jadi terasa semakin dingin karena letaknya yang emang tinggi dari daratan, kalo lagi musim semi di Camlica ini katanya bagus banget view nya, di musim dingin pun gak kalah bagus lho, walau pas udah nyampe di atas bukitnya tuh suhunya tembus ke 4°C, makin berasa banget dinginnya nusuk ke badan, pake sarung tangan deh langsung itu. Waktu perjalanan naik, saya lihat pas musim dingin aja udah bagus view nya, gimana pas musim semi ya? Pasti lebih bagus lagi dan bener-bener terlihat warna-warni banget. Di atas Camlica Hill kurang lebih 45 menit aja. Karena udah puas foto-foto dan makin berasa dingin, ditambah gerimis tipis juga, kami pun turun menuju bis. Saya sekeluarga mampir dulu ke sebuah kafe di sana, lumayan bisa minum teh hangat dulu, charge ponsel, dan selalu menyempatkan diri yang namanya ke toilet, because you know why😆.

perjalanan menuju Camlica, banyak benteng-benteng besar megah di sini.


jalanan nanjak menuju bukitnya.




view nya dari atas, ketutup kabut, indah banget. Kebayang kalo musim semi kan?!
udah ngabirigidig saking dinginnya 😂

muka kedinginan Muthia & Sof








Selesai dari Camlica Hill kami melanjutkan perjalanan ke sebuah istana yang namanya Beylerbeyi (Beylerbeyi Sarayı), Istana Beylerbeyi berarti “Istana Dewa Para Dewa” dan merupakan istana musim panas Kekaisaran Ottoman sejak tahun 1860-an. Didirikan atas perintah Sultan Abdülaziz, istana ini dimaksudkan sebagai istana “mungil” untuk menghibur kepala negara yang berkunjung. Tamu-tamu penting yang pernah mengunjungi istana ini antara lain Ratu Eugénie dari Prancis dan Grand Duke Nicholas dari Rusia. Kini, para pengunjung dari segala kalangan dipersilakan menjelajahi istana dan mengagumi kemegahannya. Kami dilarang untuk foto keadaan di dalam istana, tapi beneran deh di dalam istananya megah banget, sampai sempet kepikiran “ini kalau mau pipis malem-malem gak serem apa? Gak nyasar apa ya?” itu saking luas dan megahnya ini istana, jadi selama di Istana Beylerbeyi ini cuman foto di sekitar pelatarannya aja, dan letaknya nih di pinggir pantai dan langsung selat Borphorus dan jembatannya (Bosphorus Bridge) yang menghubungkan Asia-Eropa!

pintu masuk Beylerbeyi
udah 6°C jadi gak begitu nahan dingin
view Bosphorus Bridge
😂😂😂




Salah satu pintu gerbang yang langsung nembus ke selat Bosphorus.
Itu pintunya belum full kecapture


tolong deskripsikan sedang perbincangkan apakah kita? 😂




Iseng-iseng foto di toko souvenir pas keluar istana.
Ini cangkir dengan bentuk yang khas dan selalu digunakan di sini.






Lanjut perjalanan selanjutnya.


Kegiatan kami selanjutnya adalah lunch di bawah Galatar Bridge. Jangan ngebayangin makan ngelapak gitu ya, tapi di bawah jembatan ini ada banyak restoran dengan menu ikan. Karena selanjutnya itu kami bakalan naik kapal Ferry gitu kelilingin selat Borphorus dan lewatin jembatan Borphorus yang keren banget.. 

view dari atas Galatar Bridge


main menunya, ini ikan sama nasi. yang lainnya gak kefoto ahaha.
Ikan bakarnya enak bangeeet, nasinya lembut banget.
Papah foto di depan restorannya.




Selepas lunch, kami naik bis lagi menuju tempat berlabuhnya kapal ferry. Terus kurang lebih perjalanan di dalam kapal itu 1 jam, seru banget nikmatin pemandangan di pinggir selat Bosphorus. Dan kami melihat istana beylerbeyi yang barusan dikunjungin. Malahan, ada istana di dekete Beylerbeyi itu yang lebih gede lagi, duh gak kebayang deh itu gimana di dalemnya. Pokoknya seru banget deh, di dalam kapal kami bisa ngopi-ngopi dan banyak yang jualan snack juga. Saya juga nekat sama adik-adik saya buat keluar naik ke atas kapal buat liat langsung pemandangan gak kehalang kaca, tapi gak kuat lama-lama, karena selain dingin, anginnya itu juga yang brrr brrr brrr.
masih kedinginan, Sof?




lihat di belakang saya istana yang lebih besar dari Beylerbeyi itu
(lupa nama istananya apa)





under the Bosphorus Bridge!
foto dari dek atas kapalnya..

Selesai lah naik kapal Ferry, kami melanjutkan kembali perjalanan menuju tempat belanja terkenal di sini, jadi kalau mau beli oleh-oleh itu ya di sini tempatnya, habisin uang Lira nyaaa. Kami menuju Grand Bazaar, jadi di tempat ini luas banget dan harus jaga barang bawaan karena yang emang crowded banget di sini, orang Indonesia kalau belanja udah terkenal pinter nawarnya loh. Grand Bazaar tutupnya jam 20.00 jadi kami harus buru-buru nyampe sana sebelum jam 18.00 karena biar belanjanya juga enak dan nyantai, waktunya terbatas. Ditambah lagi sebelum kami ke Grand Bazaar, kami menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu toko makanan oleh-oleh khas Turki gitu, jadi di sana banyak dijual makanan khas Turki, aduh lupa namanya dan gak sempet foto juga, kayak moci begitu bentuknya dan banyak rasa. Terus ada juga sabun muka khas Turki gitu, aku sempet beli kok, harganya 10 Lira. Kita mampir belanja di toko itu sekitar 30 menit, karena udah mulai sore juga, ngejar waktu ke Grand Bazaar. Harusnya bentar aja dari tempat barusan itu ke Grand Bazaar, cuman karena macet dan emang lagi rush hour jadinya perjalanan yang harusnya ditempuh 30 menit aja jadi 45 menit. Nyampe di Grand Bazaar nya jam 18.00 kami udah disuruh kumpul lagi di  meeting point pukul 20.00, dengan waktu yang terbatas tapi Alhamdulillah saya bisa belikan banyak oleh-oleh buat sahabat-sahabat saya dan orang kantor juga. Malahan, saya sempet foto pada akhirnya sama salah satu penjual di sana, saking gantengnya dan adik saya bilang “teh pengen foto sama orangnya..” hahaha dasar anak muda.. akhirnya terjadilah percakapan kurang lebih seperti ini:

A: “Excuse me, can I have a photo with you? For my memories in here”
X: “Sure” (sambil diketawain sama temennya). Hahaha
Dan cekrek, saya, adik saya dua-duanya, malahan mamah juga foto pada akhirnya. Duh ada-ada aja haha. 😂😆😆😆

Yakali alasannya kalo ngomong jujur “because you are so good looking” kan malu. Wkwk ngeles deh.


Potret pintu masuk Grand Bazaar yang super crowded


Nih si abang yang diceritain, kalo di tanah abang kayak gini yang jualan
dan sebersih ini mau deh tiap minggu ke sini juga.

Beres dari Grand Bazaar hari itu ditutup dengan dinner dulu sebelum balik ke hotel. Hari ke dua bener-bener berasa padat dan seru banget deh..
Gak berasa ternyata besok hari terakhir di Turki dan pukul 13.30 udah harus terbang menuju Madinah untuk menjalankan ibadah umrah.

*Selesai cerita untuk hari ke dua di Istanbul*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar