Kamis, 11 Maret 2021

PERJALANAN KERJA DARI LULUS KULIAH

 Sudah hampir dua tahun saya tidak kembali menulis di blog. 

Sekalinya menulis, langsung menuliskan cerita perjalanan saya dari tempat pertama bekerja dan berlabuh menjadi ASN.
 
Ya, untuk diketahui saja, bahwa dari 2017 - 2020 saya hanya bekerja di satu perusahaan, tidak pernah pindah-pindah, karena memang saya betah dan menikmati pekerjaan saya ini. Menurut saya pekerjaan ini sesuai dengan bakat dan minat yang saya miliki, dan sangat sesuai dengan jurusan saat saya kuliah S-1.
Jadi, saya lulus sidang kompre di kampus di Agustus 2016, kemudian tujuan utama saya kala itu adalah bekerja, sempat berpikir untuk lanjut kuliah profesi S-2, namun saat itu dilanda dilema, apakah baiknya saya mencari pengalaman terlebih dahulu dengan bekerja? atau langsung lanjut kuliah profesi? 



 
















(foto kenangan saat selesai lulus ujian kompre)
 
Setelah berpikir cukup lama, saya memutuskan untuk mencari pekerjaan, saat itu yang saya pikirkan adalah saya ingin bekerja di perusahaan besar di bagian SDM, mengingat saya adalah lulusan Psikologi (perminatan Industri Organisasi). Maka, first thing first yang saya lakukan adalah mencari lowongan pekerjaan di beberapa web.
 
Saat itu, saya pun menyiapkan CV, surat lamaran dan mengurus-ngurus transkrip dan SKL (Surat Keterangan Lulus). Saya sempat mengirim lamaran sebagai HRD di Samsung di SCBD Jakarta, dan melamar sebagai P&GA (Personalia & General Affair) Staff di Perusahaan saya saat ini.
 
Nah, ada pengalaman menarik sebelumnya pada saat saya melamar di Samsung, tidak menyangka bakalan dipanggil juga, ya maklum saja awal-awal baru lulus, saya tidak memungkiri mebuat CV dan mengirim ke semua perusahaan yang memiliki lowongan posisi yang sesuai dengan background saya, dan bodohnya saya saat itu adalah saya kurang rajin melihat dan mematikan notifikasi email saya di ponsel. Saat itu, ada undangan interview di Samsung, namun saya baru lihat emailnya pada saat sehari sebelum dimana saya harus interview. Posisi saya saat itu sedang di Malang.. dan yasudah pupus sudah… kalah sebelum berperang..
 
Sejak kejadian itu, saya langsung lebih aware dengan semua notifikasi baik itu email, WhatsApp, maupun sms. Yup, karena memang kesempatan jarang ada 2 kali. 
 
Selang beberapa minggu dari kejadian panggilan interview Samsung, tiba-tiba ada telepon dari Jakarta, ternyata itu adalah panggilan interview dan psikotest dari HRD PT Charoen Pokphand Indonesia, untungnya pada saat panggilan itu, posisi saya sudah ada di kampung halaman di Pandeglang-Banten. 
Proses psikotest dan interview sudah saya jalani, kemudian selang beberapa hari ada panggilan kembali dan email juga untuk melaksanakan tahapan terakhir rekrutmen yaitu medical check up. Saat itu saya melaksanakan mcu di Lab Kimia Farma Cikini, Jakarta.
 
Selang beberapa minggu saya melaksanakan wisuda S-1 di Malang, beberapa minggu kemudian saya diminta untuk mulai masuk bekerja di bulan Februari 2017.
saya ditempatkan sebagai Personalia di Plant Bandung, namun untuk 3 bulan pertama saya harus melaksanakan training terlebih dahulu di Plant Cikande sebelum ke Bandung.
 
Saya bekerja di CPI Bandung dari tahun 2017 sampai pertengahan 2019, lebih tepatnya sampai 30 Juni 2019. 
01 Juli 2019 saya mutasi ke Plant CPI Cikande, karena posisi saya sudah menikah dan suami tidak setuju untuk LDM (Long Distance Marriage), karena suami saya kerja di Serang, kebetulan kalau dari Kota Serang ke Cikande tidak begitu jauh dan bisa pulang-pergi.
 
01 Juli 2019 saya resmi menjadi karyawan di CPI Cikande sampai 31 Desember 2020.
 
Per 01 Januari 2021 saya mengundurkan diri sebagai karyawan CPI dengan alasan saya diterima CPNS / ASN. Saya mengikuti seleksi CPNS 2019 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang. 
Alhamdulillah saya lulus seleksi, suami dan keluarga sangat gembira dengan kabar ini karena saya lulus seleksi. Btw saya peringkat pertama loh dengan hasil tes sendiri dan nilai yang memuaskan. Alhamdulillah sekali kantornya pun sangat dekat dengan rumah, kurang lebih hanya 10 menit saja. Jadi, saya bisa makan siang di rumah dengan suami, gak perlu bawa bekal makan siang lagi seperti di tempat kerja sebelumnya. hehe.
 
2017-2020 saya bekerja di CPI banyak sekali pengalaman, pelajaran berharga yang saya dapat…. memiliki banyak teman dari berbagai rentang usia, daerah, dan pola pikir yang berbeda… menambah wawasan saya… terlebih kemarin di akhir bulan Desember 2020 diadakanlah momen perpisahan untuk saya di hari terakhir bekerja, tidak menyangka akan menjadi sesedih itu, saya kehilangan keluarga, tim yang sangat kompak di Departemen P&GA CPI Cikande.. dari mulai sesama rekan kerja sampai atasan saya kemarin, kami semua sangat kompak, sedih juga kehilangan sosok mereka semua di tempat kerja.. 
 
Tapi ya bagaimana lagi, silaturahmi masih harus tetap terjalin, hidup harus berlanjut, melangkah maju ke depan untuk kesempatan berkembang yang lebih bersinar di depan nanti..

Alhamdulillah...
Begitulah perjalanan tahapan bekerja saya dari mulai lulus kuliah sampai saat ini..
Semoga saya betah dan bisa bekerja dengan lebih baik dan dapat berkembang menjadi lebih baik dari segi pribadi dan karir saya di tempat bekerja saya sekarang sebagai ASN.
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar